Rabu, 28 Januari 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



                                   
                Nama Sekolah       : MA Ma’arif Udanawu Blitar
                Mata Pelajaran     : Bahasa Inggris
                Kelas/Semester    : X/1
                Materi Pokok        : Teks lisan dan tulis untuk menunjukkan perhatian (care).
                Alokasi Waktu      : 2X45 menit

A.    Kompetensi Inti                      : 
            KI 1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
   KI 2:Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
 KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4: Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah    abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
3.3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
.indikator :
3.3.1. Menganalisis fungsi sosial pada ungkapan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.2. Menganalisis struktur teks perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.3. Menganalisis kebahasaan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah diberikan teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan perhatian (care ), siswa dapat menganalisis fungsi sosial minimal 4 macam.
2.      Setelah menganalisis fungsi sosial teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon ungkapan perhatian ( care ), siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri interaksi yang menunjukkan perhatian (care).
3.      Siswa mampu menganalisis unsure kebahasaan ( ucapan, tekanan kata, intonasi) tentang ungkapn perhatian (care).

D.    Materi pembelajaran
Giving care (attention)
Responding
·         Are you Ok?
·         What’s wrong with you?
·         I really care about you
·         You look fantastic
·         You look pale
·         Really?
·         I am Ok
·         Nothing, I’m fine
·         I’m very grateful for that
·         Thank you
·         I’ve got headache
·         Yes,
Contoh dialog :
            Mia                                    : you look fresher after coming back from holiday
Jack                                    : Do I? Well you’re right about taking holiday. It’s exhilarating and relaxing.
Mia                                    : So, what was the most unforgettable moment you had during the holiday?
Jack                                    : When I did white water sport. It was frightening, but exciting as well.
Mia                                    : Really, That sport really pumps our adrenalin.
Jack                                   : you are right.
E.     Metode pembelajaran
·         Pendekatan scientific learning
·         Model discovery
·         metode: ceramah, tanya jawab, role play, dan penugasan.



F.      Media, alat, dan sumberpembelajaran
1.                  Media: Teks tulis tentang ungkapan perhatian (care)
2.                  Alat/Bahan:
a.       Lembar tugas
b.      Laptop
c.       LCD
G.    Langkah-langkah pembelajaran
a.       Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
1.      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik uuntuk mengikuti proses pembelajaran ( berdoa, mengecek kehadiran siswa )
2.       Mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari, contoh  2 pertanyaan
3.      Mengantarkan peserta didik pada suatu permasalahan/tugas yang akan dilakukan unutk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran/KD yang akan dicapai.
4.      Menyampaikan garis besar materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan masalah atau tugas ( guru menyampaikan pokok-pokok materi.
b.      Kegiatan Inti:
No
Langkah pembelajaran
Kegiatan Belajar
Waktu   (Menit )
1
Mengamati
·      Siswa mengamati teks lisan tentang ungkapan perhatian(care) .
15
2
Menanya
·      guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan ungkapan perhatian.
·      Siswa mengajukan pertanyaan tentang ungkapan perhatian.
15
3
Eksplorasi/eksperimen
·      Siswa mengumpulkan data / informasi tentang ungkapan perhatian dalam konteks role play.
25
4
Mengasosiasi
·      Menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh tentang ungkapan perhatian.
20
5
Mengkomunikasikan
·      Siswa mempresentasikan hasil analisis dan simpulan tentang ungkapan perhatian,  secara bergantian.
40
c.       Penutup : ( 10 menit )
1.      Guru bersama siswa membuat rangkuman pelajaran
2.       Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
3.      Memberikan umpan balik terhadap hasil pembelajaran
4.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut remidi, pengayaan, layanan konseling dan atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai hasil belajar siswa
5.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
H.    Penilaian
1.      Jenis penilaian : praktik
2.      Teknik dan bentuk penilaian :
a.       Penilaian kompetensi sikap siswa meliputi sikap terhadap materi pelajaran, guru pengajar, proses \pembelajaran, dan nilai atau norma
b.      Penilaian kompetensi pengetahuan unjuk kerja dalam bentuk praktik dialog secara berpasangan  (instrumen terlampir )
3. Pedoman penskoran
                                  Nilai Akhir : Jumlah nilai       x  100
                                                                        12                                 
       
Konversi nilai
Konversi Nilai
Level
0 – 100
Kualitas
3,66 - 4,00
80 – 100
Sangat Baik
SB
2,66 – 3,33
65 – 79
Baik
B
1,66 – 2,33
40 – 64
Cukup
C
1,00 -1,33
0 – 39
Kurang
K

                                                                                                      
                                                                                              Blitar, 5 Januari 2015
Mengetahui
Kepala sekolah                                                       Guru mapel



    (EDI BASUKI, S.Ag)                                           (LIA MIFTASARIS.Pd.I)
NIP. 196802212002121005                                                        



Lampiran Penilaian Sikap
Nama Siswa
Terhadap Materi
Terhadap Proses Pembelajaran
Rasa Ingin Tahu
Senang
Ketertarikan
Aktif
Fokus
Antusias
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
























2.
























Dst






Keterangan :
Penilaian sikap terhadap materi
Rasa Ingin Tahu :
Level 4 : Siswa selalu menunjukan Rasa ingin tahu dengan bertanya dan mencari informasi dari  
                berbagai sumber
Level 3 : Siswa menunjukan rasa ingin tahu dengan bertanya mencari informasi dari berbagai   sumber
Level 2 : Siswa cukup menunjukan rasa ingin tahu dengan bertanya dan mencari informasi dari
               berbagai sumber
Level 1 : siswa Kurang atau tidak menunjukan rasa ingin tahu dengan bertanya dan mencari informasi  dari berbagai sumber
Senang
Level 4 : Siswa selalu menunjukan Rasa senang dengan wajah ceria saat menerima materi pelajaran
Level 3 : Siswa menunjukan rasa ingin senang dengan wajah ceria saat menerima materi pelajaran
Level 2 : Siswa cukup menunjukan rasa senang dengan wajah ceria saat menerima materi pelajaran
Level 1 : siswa Kurang atau tidak menunjukan rasa senang dengan wajah ceria saat menerima materi  Pelajaran
Ketertarikan
Level 4 : Siswa sangat tertarik materi pelajaran dengan selalu bertanya dan merespon pertanyaan  guru.
Level 3 : Siswa tertarik materi pelajaran dengan selalu bertanya dan merespon pertanyaan  guru.
Level 2 : Siswa cukup tertarik materi pelajaran dengan kadang-kadang bertanya dan merespon
                pertanyaan guru
Level 1 : Siswa tidak tertarik materi pelajaran dan tidak  bertanya dan merespon pertanyaan
                Guru.
Penilaian sikap terhadap proses pembelajaraAktif
Level 4 : Siswa selalu proaktif dan selalu berkontribusi dalam diskusi kelas, selalu memulai diskusi  pada isu-isu yang terkait dengan materi
Level 3 : Siswa  proaktif dan  berkontribusi dalam diskusi kelas,  memulai diskusi pada isu-isu yang  terkait dengan materi
Level 2 : Siswa cukup proaktif dan  berkontribusi dalam diskusi kelas,  kadang-kadang diskusi pada  isu-isu yang terkait dengan materi
Level 1 : Siswa tidak proaktif dan tidak berkontribusi dalam diskusi kelas, tidak pernah memulai
                diskusi pada isu-isu yang terkait dengan materi
Fokus
Level 4 : Siswa selalu memperhatikan, selalu memahami instruksi, selalu konsentrasi pada tugasnya

Level 3 : Siswa  memperhatikan,  memahami instruksi,  konsentrasi pada tugasnya
Level 2 : Siswa cukup memperhatikan, cukup memahami instruksi, cukup konsentrasi pada tugasnya Level 1 : Siswa tidak memperhatikan, tidak memahami instruksi, tidak konsentrasi pada tugasnya.

Lampiran Dialog
Mia                                    : you look fresher after coming back from holiday
Jack                                   : Do I? Well you’re right about taking holiday. It’s exhilarating and relaxing.
Mia                                    : So, what was the most unforgettable moment you had during the holiday?
Jack                                   : When I did white water sport. It was frightening, but exciting as well.
Mia                                    : Really, That sport really pumps our adrenalin.
Jack                                   : you are right.




Lampiran Penilaian Keterampilan/Presentasi

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah skor
Nilai
Fluency (ucapan)
Intonasi
semangat
Gesture dan penampilan
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11








Keterangan :
Masing-Masing kolom diisi dengan criteria :
4 : Baik Sekali                      3 : Baik                                 2 : Cukup                                   1 : Kurang




                                  Nama Sekolah      : MA Ma'arif Udanawu Blitar
                                   Mata Pelajaran     : Bahasa Inggris
                                   Kelas/Semester    : X/1
                                   Materi Pokok        : Teks tulis berbentuk pemberitahuan  (announcement).
                                   Alokasi Waktu      : 2X45 menit

A.      Kompetensi Inti                       : 
KI 1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,         kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai             bagian  dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan     sosial  dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural                      berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora       dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab                   fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang         spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4: Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah    abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
3.8Menganalisis fungsi sosial,struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator:
3.8.1 Menganalisis fungsi sosial dari teks pemberitahuan (announcement) sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11.  Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
Indikator:
4.11.1 Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
4.12.  Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator:
4.12.1 Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement) yang sangat pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial yang benar dan sesuai konteks.
C.      Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah diberikan teks tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemberitahuan (announcement), siswa dapat menganalisis fungsi sosial minimal 3 macam.
2.      Setelah menganalisis fungsi sosial teks tulis sederhana,siswa dapat menangkap makna pemberitahuan (announcement).
D.     Setelah siswa dapat menangkap makna pemberitahuan (announcement), siswa dapat menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement) yang sangat pendek dan sederhana.
E.       Materi pembelajaran
1.      Teks tulis berbentuk pemberitahuan (announcement).
Example:
ANNOUNCEMENT
COMMITTEE
SCHOOL TRIP TO GOLDEN SAND BEACH
On 28th of August, there will be a school trip to Golden Sand Beach.
Departure time           : 07:30 a.m.
Programs                    : Swimming, games, volleyball, and lunch in the Sea View Restaurant. Afternoon: walk a long the beach to the lagoon and watch the boat festival.
Fee                              : Rp. 50,000.00
Contact person            : Vita, Zaskia.
Chairperson
Anne Saragih
F.       Metode pembelajaran
·         Pendekatan scientific learning
·         Model discovery
·         metode: ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, dan presentasi.

G.     Media, alat, dan sumberpembelajaran
1.                   Media:
a.       Teks tulis pemberitahuan (announcement).
2.                   Alat/Bahan:
a.      Teks tulis pemberitahuan (announcement)
b.      Lembar tugas
c.       Buku cetak “English for a Better Life”.
d.      Koran/ majalah berbahasa inggris.
H.     Langkah-langkah pembelajaran
a.      Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
1.      Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik uuntuk mengikuti proses pembelajaran ( berdoa, mengecek kehadiran siswa )
2.       Mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari, contoh  2 pertanyaan
3.      Mengantarkan peserta didik pada suatu permasalahan/tugas yang akan dilakukan unutk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran/KD yang akan dicapai.
4.      Menyampaikan garis besar materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan masalah atau tugas ( guru menyampaikan pokok-pokok materi.
b.      Kegiatan Inti:
No
Langkah pembelajaran
Kegiatan Belajar
Waktu   (Menit )
1
Mengamati
·      Siswa mengamati teks tulis tentang pemberitahuan (announcement)
15
2
Menanya
·      guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pemberitahuan (announcement) .
·      Siswa mengajukan pertanyaan tentang isi pemberitahuan (announcemnt).
15
3
Eksplorasi/eksperimen
·      Siswa mengumpulkan data / informasi tentang pemberitahuan (announcement).
25
4
Mengasosiasi
·      Menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh tentang isi pemberitahuan (announcement).
20
5
Mengkomunikasikan
·      Siswa mempresentasikan hasil analisis dan simpulan tentang isi pemberitahuan (announcement) secara bergantian.
40
c.       Penutup : ( 10 menit )
1.      Guru bersama siswa membuat rangkuman pelajaran
2.       Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
3.      Memberikan umpan balik terhadap hasil pembelajaran
4.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut remidi, pengayaan, layanan konseling dan atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai hasil belajar siswa
5.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
I.        Penilaian
1.      Jenis penilaian : tes dan non tes
2.      Teknik dan bentuk penilaian :
a.      Penilaian kompetensi sikap siswa meliputi sikap terhadap materi pelajaran, guru pengajar, proses pembelajaran, dan nilai atau norma
b.      Penilaian kompetensi pengetahuan tes tulis dalam bentuk soal uraian ( instrumen terlampir )
3. Pedoman penskoran

            Nilai Akhir : Jumlah nilai       x  100
                             12

Konversi nilai
Konversi Nilai
Level
0 – 100
Kualitas
3,66 - 4,00
80 – 100
Sangat Baik
SB
2,66 – 3,33
65 – 79
Baik
B
1,66 – 2,33
40 – 64
Cukup
C
1,00 -1,33
0 – 39
Kurang
K

                                                                  
                                                                                             Blitar, 18 Desember 2013
      Mengetahui
Kepala Madrasah                                                     Guru Mata Pelajaran




Edi Basuki, S.Ag                                                           Lia miftasari, S.Pd.I





Lampiran Penilaian Sikap
Nama Siswa
Terhadap Materi
Terhadap Proses Pembelajaran
Rasa Ingin Tahu
Senang
Ketertarikan
Aktif
Fokus
Antusias
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
























2.
























Dst






Keterangan :
Penilaian sikap terhadap materi
Rasa Ingin Tahu :
Level 4 : Siswa selalu menunjukan Rasa ingin tahu dengan bertanya dan mencari informasi dari  
                berbagai sumber
Level 3 : Siswa menunjukan rasa ingin tahu dengan bertanya mencari informasi dari berbagai   sumber
Level 2 : Siswa cukup menunjukan rasa ingin tahu dengan bertanya dan mencari informasi dari
               berbagai sumber
Level 1 : siswa Kurang atau tidak menunjukan rasa ingin tahu dengan bertanya dan mencari informasi  dari berbagai sumber
Senang
Level 4 : Siswa selalu menunjukan Rasa senang dengan wajah ceria saat menerima materi pelajaran
Level 3 : Siswa menunjukan rasa ingin senang dengan wajah ceria saat menerima materi pelajaran
Level 2 : Siswa cukup menunjukan rasa senang dengan wajah ceria saat menerima materi pelajaran
Level 1 : siswa Kurang atau tidak menunjukan rasa senang dengan wajah ceria saat menerima materi  Pelajaran
Ketertarikan
Level 4 : Siswa sangat tertarik materi pelajaran dengan selalu bertanya dan merespon pertanyaan  guru.
Level 3 : Siswa tertarik materi pelajaran dengan selalu bertanya dan merespon pertanyaan  guru.
Level 2 : Siswa cukup tertarik materi pelajaran dengan kadang-kadang bertanya dan merespon
                pertanyaan guru
Level 1 : Siswa tidak tertarik materi pelajaran dan tidak  bertanya dan merespon pertanyaan 
                Guru.
Penilaian sikap terhadap proses pembelajaran  Aktif
Level 4 : Siswa selalu proaktif dan selalu berkontribusi dalam diskusi kelas, selalu memulai diskusi  pada isu-isu yang terkait dengan materi
Level 3 : Siswa  proaktif dan  berkontribusi dalam diskusi kelas,  memulai diskusi pada isu-isu yang  terkait dengan materi
Level 2 : Siswa cukup proaktif dan  berkontribusi dalam diskusi kelas,  kadang-kadang diskusi pada  isu-isu yang terkait dengan materi
Level 1 : Siswa tidak proaktif dan tidak berkontribusi dalam diskusi kelas, tidak pernah memulai
                diskusi pada isu-isu yang terkait dengan materi
Fokus
Level 4 : Siswa selalu memperhatikan, selalu memahami instruksi, selalu konsentrasi pada tugasnya

Level 3 : Siswa  memperhatikan,  memahami instruksi,  konsentrasi pada tugasnya
Level 2 : Siswa cukup memperhatikan, cukup memahami instruksi, cukup konsentrasi pada tugasnya Level 1 : Siswa tidak memperhatikan, tidak memahami instruksi, tidak konsentrasi pada tugasnya.

Lampiran Penilaian Pengetahuan
SOAL ESSAY
ANNOUNCEMENT
COMMITTEE
SCHOOL TRIP TO GOLDEN SAND BEACH
On 28th of August, there will be a school trip to Golden Sand Beach.
Departure time           : 07:30 a.m.
Programs                    : Swimming, games, volleyball, and lunch in the Sea View Restaurant. Afternoon: walk a long the beach to the lagoon and watch the boat festival.
Fee                              : Rp. 50,000.00
Contact person            : Vita, Zaskia.
Chairperson
Anne Saragih
Question:
1.      What is the purpose of the text?
2.      Where can you find this announcement?
3.      What are the messages of the announcement?
4.      How much is the fee?
5.      Who is chairperson?
Key answer
1.      To announce school trip to Golden sands beach.
2.      At school.
3.      The program of school trip.
4.      Rp 50,000.00
5.      Anne Saragih.
Skor Nilai            

Lampiran Penilaian Keterampilan/Presentasi
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah Skor
Nilai
Komunikasi
Sistematika Penyampaian
Wawasan
Semangat
Gesture dan Penampilan
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10









Keterangan :
Masing-Masing kolom diisi dengan criteria :
4 : Baik Sekali                      3 : Baik                                 2 : Cukup                                   1 : Kurang





Ø  TRANSAKSIONAL INTERPERSONAL (TI)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                        Name Sekolah            : MA Ma’arif Udanawu Blitar
                        Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
                        Satuan Pendidikan    : SMA / MA
                        Klas / Semester          : XI / II (Genap)
Tema                          : Expressing Agreement / Disagreement, Love,        Sadness, Embarrassment, Anger & Annoyance
                        (Listening / speaking)
Alokasi Waktu           : 24 X 45 menit
Pertemuan ke            : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, and 14.
================================================================
Ø  Standar Kompetensi:
7. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
9. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam kontkes kehidupan sehari-hari
Ø  Kompetensi Dasar:
7. Mendengarkan
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancer dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur, menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta dan menyatakan perasaan sedih.
9. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)  dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehiodupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur, menyatakan sikap terhadap sesuatu, mneyatakan perasaan cinta dan menyatakan perasaan sedih.
Ø  Indikator:
1.      Mengidentifikasi dengan setiap dialog yang berisi ungkapan menyatakan sikap terhadap sesuatu (Agreement / Disagreement), Love, Sadness, Embarrassment, Anger, and Annoyance.
2.      Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: expressing Agreement / Disagreement, Love, Sadness, Embarrassment, Anger, and Annoyance.
3.      Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal & transaksional:  expressing Agreement / Disagreement, Love, Sadness, Embarrassment, Anger, and Annoyance.
4.      Mempresentasikan dialog yang telah dibuat, yang berisi tindak tutur: expressing Agreement/ Disagreement, Love, Sadness, Embarrassment, Anger, & Annoyance.
I. Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat mengidentifikasi dengan setiap dialog yang berisi ungkapan menyatakan sikap terhadap sesuatu (Agreement / Disagreement), Love, Sadness, Embarrassment, Anger, and Annoyance.
2.      Siswa dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: expressing Agreement/ Disagreement, Love, Sadness, Embarrassment, Anger, and Annoyance.
3.      Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional:  expressing Agreement / Disagreement, Love, Sadness, Embarrassment, Anger, and Annoyance.
4.      Siswa dapat mempresentasikan dialog yang telah dibuat, yang berisi tindak tutur: expressing Agreement/ Disagreement, Love, Sadness, Embarrassment, Anger, & Annoyance.
II. Materi Pokok
a.      Expressing Agreement / Disagreement
1. Agreement:
-    I agree the idea                                   - I’d think I’d accept with……….
-    I can’t argue with you on that                        - You’re right
-    That’s I what I want to say.                - I’m exactly at some opinion as…….
-     I don’t think anyone could disagree with…….
-    How right you are
2. Disagreement:
-    I disagree with…….                           - I don’t think so
-          I cannot go along with……             - I don’t like the idea
-          I wouldn’t say that                          - I can’t accept that.
-          I can’t agree with…….
b.      Expressing Love
-          I love……                                        - I love……. forever
-          I love forever……                           - I forever love……..
-          I do love……                                               - I love……..very much
-          I’m crazy about….(something)        - I’m crazy to….(someone)
c.       Expressing Sadness
-    I am sad                                              - I’m very sad about…..
-    I cannot believe what’s going on        - I must say I had hoped
-    I cannot hold my tears on it                - I feel so sad
-    I’m sorry to hear that                          - I’m not too happy about….
-    It makes me so upset                           - I’m so distressed
-    I feel down in the dump                     - I feel so very unhappy
d.      Expressing Embarrassment
-    I was so ashamed                                - I’m in a mess
-    It makes me so embarrassed               - I feel so awkward
-    What an embarrassment!                     - I’m so embarrass
-    Can’t hide my face                             - Got all red
e.       Expressing Anger
-    I’m angry with…..                              - I can’t stand
-    I really hate….                                    - What displeasure?
-    I’m not pleased at all                          - Bloody hell!
-    I’m extremely unhappy about this
f.       Expressing Annoyance.
-    I’m extremely displeased with….       - I can’t stand
-    I’m realy unhappy about….                - ……is very ititanting
-    Why on Earth he didn’t...…?             - …….really makes me mad
III. Metode dan Teknik Pembelajaran
a.       Metode      : Contextual Learning
b.      Teknik       : Three Pass Technique
c.       Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan
Ke-
Kegiatan
Waktu
(Menit)



1
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Memotivasi siswa(share knowledge) untuk mempelajari ungkapan tentang expressing Agreement / Disagreement.
-    Memberi pertanyaan tentang expressing Agreement / Disagreement
·   Kegiatan Inti:
BKOF
-    Mengidentifikasi makna ungkapan - ungkapan  tentang expressing Agreement / Disagreement;
-    Mengidentifikasi dialog tentang expressing Agreement / Disagreement;
MOT
-    Melengkapi teks dialog yang rumpang tentang expressing Agreement/ Disagreement;
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
-    Guru memberi feedback
-    Penutup




2 x 45



2
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Review materi dan bertanya pada siswa apakah terdapat kesulitan dalam mempelajari expressing Agreement/ Disagreement;
·   Kegiatan Inti:
JCOT
-    Siswa membuat kelompok yang terdiri dari 2 orang / lebih, kemudian membuat dialog tentang expressing Agreement/ Disagreement;
-    Mempresentasikan dialog yang telah dibuat bersama teman di depan kelas.
ICOT
-    Retell teks dialog yang telah didengarkan di depan kelas dengan menggunakan bahasa sendiri
-    Membuat beberapa kalimat yang mengandung ekspresi yang telah dibahas, lalu dipraktikan setiap hari
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas dan mengerjakan tugas tentang expressing Agreement/ Disagreement di rumah;
-    Guru memberi feedback;
-    Penutup.




2 x 45



3
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Mengumpulkan tugas pekerjaan rumah (PR).
-    Memotivasi siswa(share knowledge) untuk mempelajari ungkapan tentang expressing Love
-    Memberi pertanyaan tentang expressing Love
·   Kegiatan Inti:
BKOF
-    Mengidentifikasi makna ungkapan - ungkapan  tentang expressing Love
-    Mengidentifikasi dialog tentang expressing Love
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
-    Guru memberi feedback
-    Penutup




1 x 45



4
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Review materi dan bertanya pada siswa apakah terdapat kesulitan dalam mempelajari expressing
·   Kegiatan Inti:
MOT
-    Melengkapi teks dialog yang rumpang tentang expressing Love
JCOT
-    Siswa membuat kelompok yang terdiri dari 2 orang / lebih, kemudian membuat dialog tentang expressing Love;
-    Mempresentasikan dialog yang telah dibuat bersama teman di depan kelas.
ICOT
-    Retell teks dialog yang telah didengarkan di depan kelas dengan menggunakan bahasa sendiri
-    Membuat beberapa kalimat yang mengandung ekspresi yang telah dibahas, lalu dipraktikan setiap hari
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas dan mengerjakan tugas tentang expressing Love di rumah;
-    Guru memberi feedback;
-    Penutup.




2 x 45



5
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Mengumpulkan tugas pekerjaan rumah (PR).
-    Memotivasi siswa(share knowledge) untuk mempelajari ungkapan tentang expressing Sadness;
-    Memberi pertanyaan tentang expressing Sadness.
·   Kegiatan Inti:
BKOF
-    Mengidentifikasi makna ungkapan - ungkapan  tentang expressing Sadness;
-    Mengidentifikasi dialog tentang expressing Sadness.
MOT
-    Melengkapi teks dialog yang rumpang tentang expressing Sadness.
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
-    Guru memberi feedback
-    Penutup




2 x 45



6
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Review materi dan bertanya pada siswa apakah terdapat kesulitan dalam mempelajari expressing
·   Kegiatan Inti:
JCOT
-    Siswa membuat kelompok yang terdiri dari 2 orang / lebih, kemudian membuat dialog tentang expressing Sadness;
-    Mempresentasikan dialog yang telah dibuat bersama teman di depan kelas.
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas dan mengerjakan tugas tentang expressing  Sadness di rumah;
-    Guru memberi feedback;
-    Penutup.




1 x 45



7
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Mengumpulkan tugas pekerjaan rumah (PR) tentang expressing Sadness;
-    Memberi pertanyaan tentang expressing Sadness.
Kegiatan Inti:
ICOT
-    Retell teks dialog epressing sadness yang telah didengarkan di depan kelas dengan menggunakan bahasa sendiri
-    Membuat beberapa kalimat yang mengandung ekspresi yang telah dibahas, lalu dipraktikan setiap hari
BKOF
-    Mengidentifikasi makna ungkapan - ungkapan  tentang expressing Embarrassment;
-    Mengidentifikasi dialog tentang expressing Embarrassment
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
-    Guru memberi feedback
-    Penutup




2 x 45



8
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Review materi dan bertanya pada siswa apakah terdapat kesulitan dalam mempelajari expressing Embarrassment.
-    Memberi pertanyaan seputar matteri yang telah dibahas
·   Kegiatan Inti:
MOT
-    Melengkapi teks dialog yang rumpang tentang expressing Embarrassment
JCOT
-    Siswa membuat kelompok yang terdiri dari 2 orang / lebih, kemudian membuat dialog tentang expressing Embarrassment;
-    Mempresentasikan dialog yang telah dibuat bersama teman di depan kelas.
ICOT
-    Retell teks dialog yang telah didengarkan di depan kelas dengan menggunakan bahasa sendiri
-    Membuat beberapa kalimat yang mengandung ekspresi yang telah dibahas, lalu dipraktikan setiap hari
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas & mengerjakan tugas tentang expressing Embarrassment di rumah;
-    Guru memberi feedback;
-    Penutup.




2 x 45


9
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Mengumpulkan tugas pekerjaan rumah (PR).
-    Memotivasi siswa(share knowledge) untuk mempelajari ungkapan tentang expressing Anger;
-    Memberi pertanyaan seputar materi yang akan di bahas
·   Kegiatan Inti:
BKOF
-    Mengidentifikasi makna ungkapan - ungkapan  tentang expressing Anger;
-    Mengidentifikasi dialog tentang expressing Anger
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
-    Guru memberi feedback
-    Penutup



1 x 45



10
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Review materi dan bertanya pada siswa apakah terdapat kesulitan dalam mempelajari expressing Anger.
-    Memberi pertanyaan seputar matteri yang telah dibahas
·   Kegiatan Inti:
MOT
-    Melengkapi teks dialog yang rumpang tentang expressing Anger

JCOT
-    Siswa membuat kelompok yang terdiri dari 2 orang / lebih, kemudian membuat dialog tentang expressing Anger;
-    Mempresentasikan dialog yang telah dibuat bersama teman di depan kelas.
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas & mengerjakan tugas tentang expressing Anger di rumah;
-    Guru memberi feedback;
-    Penutup




2 x 45



11
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Mengumpulkan tugas pekerjaan rumah (PR).
-    Memberi pertanyaan tentang expressing Anger
·   Kegiatan Inti:
ICOT
-    Retell teks dialog yang telah didengarkan di depan kelas dengan menggunakan bahasa sendiri tentang expressing Anger
-    Membuat beberapa kalimat yang mengandung ekspresi yang telah dibahas, lalu dipraktikan setiap hari
BKOF
-    Mengidentifikasi makna ungkapan - ungkapan  tentang expressing Annoyance
-    Mengidentifikasi dialog tentang expressing Annoyance
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
-    Guru memberi feedback;
-    Penutup




2 x 45


12
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Memberi pertanyaan tentang expressing Annoyance
·   Kegiatan Inti:
MOT
-    Melengkapi teks dialog yang rumpang tentang expressing Annoyance
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
-    Guru memberi feedback;
-    Penutup



1 x 45



13
·   Kegiatan Awal:
  • Salam dan tegur sapa
  • Presesnsi Siswa
  • Memberi pertanyaan tentang expressing Annoyance
Kegiatan Inti:
JCOT
-    Siswa membuat kelompok yang terdiri dari 2 orang / lebih, kemudian membuat dialog tentang expressing Embarrassment;
-    Mempresentasikan dialog yang telah dibuat bersama teman di depan kelas.
ICOT
-    Retell teks dialog yang telah didengarkan di depan kelas dengan menggunakan bahasa sendiri
-    Membuat beberapa kalimat yang mengandung ekspresi yang telah dibahas, lalu dipraktikan setiap hari
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas & mengerjakan tugas tentang expressing Embarrassment;
-    Guru memberi feedback;
-    Penutup.




2 x 45
14
ULANGAN HARIAN
2 x 45
TOTAL JAM PELAJARAN (JP)
24 X 45

IV. Alat media & Sumber Pelajaran
a.       Alat media:
-    Buku Paket / LKS Bahasa Inggris
-    VCD, CD, LCD, Kaset, Tape Recorder, dll
-    White Board, gambar-gambar, dan alat penunjang.
b.      Sumber Pelajaran:
-    Buku Paket / LKS Bahasa Inggris
-    Internet, data-data, dll
V. Penilaian
PEDOMAN PENILAIAN LISTENING (DIALOG)
Nomor
Uraian
Skor

Soal Essay
Isi benar, tata bahasa benar
3
Isi benar, tata kurang tepat
2
Isi dan tata kurang tepat
1
Tidak menjawab
0
Soal
Multiple choice
Setiap jawaban yang benar
2
Setiap jawaban yang salah / tidak menjawab
0
PEDOMAN PENILAIAN SPEAKING (DIALOG)
ASPEK
SKOR
DISKRIPSI
Fluency
5
Sangat lancar
4
Lancar
3
Cukup lancar
2
Kurang lancar
1
Tidak lancer
Accuracy
5
penggunaan grammar, vocabulary dan pronunciation tepat
4
Penggunaan grammar, vocabulary & pronunciation mendekati tepat
3
Penggunaan grammar, vocabulary dan pronounciation cukup tepat
2
Penggunaan grammar, vocabulary dan pronounciation kurang tepat
1
Penggunaan grammar, vocabulary dan pronounciation tidak tepat
Performance
5
Penampilan (expresi, sikap dan gesture) sangat baik
4
Penampilan (expresi, sikap dan gesture) baik
3
Penampilan (expresi, sikap dan gesture) cukup baik
2
Penampilan (expresi, sikap dan gesture) kurang baik
1
Penampilan (expresi, sikap dan gesture) tidak baik
Communicative Interaction
5
Mengambil giliran berkomunikasi dengan minta penjelasan
4
Bisa berkomunikasi meskipun kadang  minta penjelasan
3
Sering meminta penjelasan
2
Hanya merespon tidak berinisiatif
1
Tidak bisa merespon

VI. Kunci Jawaban
A.    Expressing Agreement / Disagreement
Act1. Listen to the dialogue about expressing Agreement / Disagreement, and then fill in the blank!
1.      Arrange           3. Table           5. Nicer           7. bookcase
2.      These               4. Agree          6. good
Act2. Answer the following question based on the text above!
1.    It tells about expressing Agreement / Disagreement
2.      He asks Jenny to help him arranging the room
3.      She says that it will be nice to see if we move them near the window
4.      Yes, He does
5.      No, They won’t
B.     Expressing Love
Act1. Listen to the dialogue about expressing Agreement / Disagreement, and then fill in the blank!
1.      Romantic        3. Love            5. Prove           7. Trust
2.      Arrange          4. Good           6. worry          
Act2. Answer the following question based on the text above!
1.      It tells about expressing love
2.      He wants to say that he loves Lia.
3.      Yes, she does. But He should show his prove
4.      She says that he should show his prove as his love to her.
5.      We should keep our promise.
C.    Expressing Sadness
Act1. Complete the dialogue below by using the word in the box!
1.      Problem              3. School fee               5. lend
2.      Lost                    4. final Examination   
Act2.  Answer the following question based on the text above!
1.      It tells about expressing sadness
2.      Because he can’t join the examination
3.      When she walked to school
4.      No, she can’t.
5.      He lends his money to her in order to change her payment.
D.    Expressing Embarrassment
Act1. Complete the dialogue below by using the word in the box!
1.      Torn                 3. Hurry                       5. Laughed                 
2.      Gate                4. Embarrassed            6. catch
Act2.  Answer the following question based on the text above!
1.      It tells about expressing embarrassed
2.      He hesrd that Ridho’s trousers were torn when you jumped from the gate yesterday
3.      Because his trousers were slip on the gate when he jumped it to catch his pet.
4.      He feels so embarrassed
5.      Yes, he could.
E.     Expressing Anger
Act1. Complete the dialogue below by using the word in the box!
1.      Smoke                3. Cigarette     5. Egoist          7. critic
2.      Older                  4. Pleased        6.hell               8. angry
Act2.  Answer the following question based on the text above!
1.      It tells about expressing anger
2.      He wants Romi not to smoke in that place
3.      He refused Rio’s suggestion and said something rudely.
4.      No, He doesn’t
5.      He really feels angry with Romi.
F.     Expressing Annoyance
Act1. Complete the dialogue below by using the word in the box!
1.      Mad                    3. Easy                                    5. Worry                      7. care
2.      Data                   4. Rewrite                   6. child
Act2.  Answer the following question based on the text above!
1.      It tells about expressing Annoyance
2.      He feels annoyance to Ari
3.      Because he has torn his data.
4.      No, he doesn’t
5.      He suggest to forgive Ari and help him to rewrite it


6.      BAHAN AJAR
A.    Expressing Agreement / Disagreement
Act1. Listen to the dialogue about expressing Agreement / Disagreement, and then fill in the blank!
Hendrik  : Hi Rin…. Are free now?
Rindi      : Yes, Why?
Hendrik  : Would you help me to _________ (1) the shape this room?
Rindi      : With a pleasure!
Hendrik  : Ok! We will start from _____ chairs (2) and this _____ (3). Do you ______ (4) if we move near the television?
Rindi      : It’s ok! But it will be ____ (5) to see if put them in the corner.
Hendrik  : that sounds _____ (6), and then how about this ____ (7)? Is it good if we put over there?
Rindi      : Not so bad. Let’s start it now, shall we?
Act2. Answer the following question based on the text above!
1.      What does the dialogue tells about?
2.      To whom does Hendrik ask help to arrange the room?
3.      What does Rindi say when Hendrik asks her suggestion to move those chairs and the table?
4.      Does Hendrik agree when Rindy suggest to move the bookcase over there?
5.      Will Rindi and Hendrik start to arrange the room next week?
Act3. Work together of two to make the dialogue about expressing Agreement / Disagreement! Then perform it in front of the class!
Act4.  Listen to the cassette carefully about the dialogue of about expressing Agreement / Disagreement, and then retell it in front of the class!
Act5.   Work individually to make some sentences about expressing Agreement / Disagreement. You should benefit or capable of producing a good simple expression and practicing in every daily life!
B.     Expressing Love
Act1. Listen to the dialogue about expressing Agreement / Disagreement, and then fill in the blank
Yahya : Hi Lia, I want to say something to you. Do you have time?
Lia       : Yup, what about? Is it something serious?
Yahya  : Absolutely, hmm…. I’m not a ____ (1) man. I also can’t _____ (2) the good words. But all I want to say that I _______ (3) you.
Lia       : Sure? That’s sound _____ (4), but I need your _______ (5)
Yahya  : Don’t ______ (6). You can ________ (7) me.
Act2.! Answer the following question based on the text above!
1.      What does the dialogue tells about?
2.      What does Yahya want to say to Lia?
3.      Does Lia receive Yahya’s love?
4.      What does Lia reply with?
5.      What moral message that we can take from this dialogue?
Act3.  Work together of two to make the dialogue about expressing Love! Then perform it in front of the class!
Act4.  Listen to the cassette carefully about the dialogue of about expressing Love, and then retell it in front of the class!
Act5.   Work individually to make some sentences about expressing Love. You should benefit or capable of producing a good simple expression and practicing in every daily life!
C.    Expressing Sadness
Act1. Listen to the dialogue about expressing Agreement / Disagreement, and then fill in the blank!
Abi      : Mifta, Why do you look so pail today? Do you have some ___ (1)?
Mifta   : You’re right.  My money has _____ (2) when I walked to school.
Abi      : I’m sorry to hear that.
Lia       :  More over, Miss Carla told me that I should pay my _____ (3) today if I want to join the ______ (4) tomorrow.
Abi      : Don’t worry, I will _____ (5) you my money first.
Lia       : Really? How kind you are. Thanks
Act2. Answer the following question based on the text above!
1.      What does the dialogue tells about?
2.      Why does Lia look so sad?
3.      Where did Lia lose her money?
4.      Can Lia solve her problem by herself?
5.      What does Abi do to help Lia?
Act3.  Work together of two to make the dialogue about expressing Sadness! Then perform it in front of the class!
Act4.  Listen to the cassette carefully about the dialogue of about expressing Sadness, and then retell it in front of the class!
Act5.   Work individually to make some sentences about expressing Sadness. You should benefit or capable of producing a good simple expression and practicing in every daily life!

D.    Expressing Embarrasment
Act1. Listen to the dialogue about expressing Agreement / Disagreement, and then fill in the blank!
Arip           : I heard from Dwi that your trousers were _____ (1) when you jumped from the _____ (2) yesterday
Ridho        : That’s right. Yesterday, I was in _____ (3) to catch my pet, and then I jumped that gate. Unfortunately, one of my trousers was slip by it.
Arip           : what do you feel then?
Ridho        : I extremely feel ____ (4) because many people has ___ (5) at me
Arip           : Poor you! How about your? Could you _____ (6) it?
Ridho        : Luckily, I could.
Act2. Answer the following question based on the text above!
1.      What does the dialogue tells about?
2.      What did Arip hear from Dwi?
3.      Why were Ridho’s trousers torn?
4.      What did Ridho feel when his trousers were torn by?
5.      could Ridho catch his catch?
Act3.  Work together of two to make the dialogue about expressing Embarrassment! Then perform it in front of the class!
Act4.  Listen to the cassette carefully about the dialogue of about expressing Embarrassment, and then retell it in front of the class!
Act5.   Work individually to make some sentences about expressing Embarrassment. You should benefit or capable of producing a good simple expression and practicing in every daily life!
E.     Expressing Anger
Act1. Listen to the dialogue about expressing Agreement / Disagreement, and then fill in the blank!
            Rio      : Don’t ______ (1) in this place please!
Romi   : It’s none of your business, don’t teach me! I’m _____ (2) than you.
Rio      : but if you still smoke your ___ (3) in this area, it will splash much pollution.
Romi   : who care?
Rio      : I’m not ____ (4) at all. You’re really ________ (5) man.
Romi   : Bloody ______ (6). If you dislike it, just go out from here. Don’t put your ________ (7) on me!
Rio      : I really ________ (8) with you.
Act2. Answer the following question based on the text above!
1.      What does the dialogue tells about?
2.      What does Rio want from Romi?
3.      What does Romi reply with?
4.      Does Romi receive Rio’s suggestion?
5.      What does Rio feel?
Act3.  Work together of two to make the dialogue about expressing Anger! Then perform it in front of the class!
Act4.  Listen to the cassette carefully about the dialogue of about expressing Anger, and then retell it in front of the class!
Act5.   Work individually to make some sentences about expressing Anger. You should benefit or capable of producing a good simple expression and practicing in every daily life!
F.     Expressing Annoyance
Act1. Listen to the dialogue about expressing Agreement / Disagreement, and then fill in the blank!
   Deni    : Why do you angry with Ari?
   Reno    : Because he makes ______ (1). How can he tear my ____ (2)?
   Deni    : Take it ________ (3)! May be you can _____ (4) it.
   Reno    : But it’s late, I don’t have enough tome to do it.
   Deni    : Don’t ____ (5). I’ll help you. Ari is still _____ (6).
   Reno    : why on earth he didn’t ________ (7)
. Act2. Answer the following question based on the text above!
1.What does the dialogue tells about?
2.What does Reno feel to Ari?
3.Why does Reno feel annoyance to Ari?
4.Does Reno forgive Ari?
5.What does deni suggest to Reno?

 Blitar, 5 Januari 2015
Mengetahui
Kepala sekolah                                                       Guru mapel



     (EDI BASUKI, S.Ag)                                       (LIA MIFTASARI, S.Pd.I)
 NIP. 196802212002121005




GENRE 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                        Name Sekolah            : MA Ma’arif Udanawu Blitar
                        Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
                        Satuan Pendidikan    : SMA / MA
                        Klas / Semester          : XI / II (Genap)
Tema                          : Narrative text (Reading / Writing)
Alokasi Waktu           : 4 X 45 menit
Pertemuan ke            : 15 & 16.
==============================================================
Ø  Standar Kompetensi:
11. Membaca
Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
12. Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Ø  Kompetensi Dasar:
11.2. Membaca
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan. Dalam teks berbentuk narrative.
12.2  Menulis
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari. Dalam teks berbentuk narrative.
Ø  Indikator:
1.      Mengidentifikasi makna kata pada teks esei berbentuk narrative.
2.      Mengidentifikasi tokoh utama dalam cerita pada teks esei berbentuk narrative.
3.      Mengidentifikasi urutan kejadian (alur) pada teks esei berbentuk narrative.
4.      Mengidentifikasi struktur generik pada teks esei berbentuk narrative.
5.      Menentukan topic utama dari teks esei berbentuk narrative.
6.      Menentukan ide pokok dari setiap paragrap pada teks esei berbentuk narrative.
7.      Mengidentifikasi penggunaan Simple Past dan Past Continuous pada teks esei berbentuk narrative.
I.       Tujuan pembelajaran
1.      Siswa mengidentifikasi makna kata pada teks esei berbentuk narrative.
2.      Siswa mengidentifikasi tokoh utama dalam cerita pada teks esei berbentuk narrative.
3.      Siswa mengidentifikasi urutan kejadian (alur) pada teks esei berbentuk narrative.
4.      Mengidentifikasi struktur generik pada teks esei berbentuk narrative.
5.      Menentukan topic utama dari teks esei berbentuk narrative.
6.      Menentukan ide pokok dari setiap paragrap pada teks esei berbentuk narrative.
7.      Mengidentifikasi penggunaan Simple Past dan Past Continuous pada teks esei berbentuk narrative
II.    Materi Pokok
Narrative Text

Definition of Narrative

Narrative is a text focusing specific participants. Its social function is to tell stories or past events and entertain the readers.

Generic Structure of Narrative:
1. Orientation: Introducing the participants and informing the time and the place
2. Complication: Describing the rising crises which the participants have to do with
3. Resolution: Showing the way of participant to solve the crises, better or worse
Language Features of Narrative
Using processes verbs
Using temporal conjunction
Using Simple Past Tense

III. Metode & teknik kegiatan pembelajaran
1.      Metode: Tanya jawab & ceramah
2.      Teknik  kegiatan pembelajarn
Pertemuan ke-
Kegiatan
Alokasi Waktu
(menit)



15
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Memotivasi siswa (share knowledge) untuk mempelajari cara membaca teks narrative dan melafalkannya dengan benar.
-    Memberi pertanyaan yang diarahkan pada teks esei narrative.
·   Kegiatan Inti:
BKOF
-    Mengidentifikasi makna kata yang berhubungan dengan teks esei narrative.
-    Mengidentifikasi gaya bahasa pada teks esei narrative.
MOT
-    Melengkapi teks esei yang rumpang yang sesuai dengan teks narrative.
-    Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh mengumpulkan tugasnya lalu disuruh memmbuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
-    Guru memberi feedback
-    Penutup




2 X 45




16
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Review dan bertanya pada siswa apakah terdapat kesulitan dalam mempelajari teks esei narrative.
-    Memberi pertanyaan yang diarahkan pada teks esei narrative.
·   Kegiatan Inti:
JCOT
-    Membuat kelompok, kemudian membahas teks esei narrative.dari buku LKS
-    Mengidentifikasi urutan kejadian cerita (alur) dan struktur generik yang ada pada teks narrative yang telah di bahas.
ICOT
-    Menjawab pertanyaan yang ada di buku LKS bahasa Inggris secara individu
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh mengumpulkan tugasnya lalu disuruh membuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
-    Guru memberi feedback
-    Penutup





2 X 45
TOTAL
4 X 45
IV. Alat media & sumber pembelajaran
a.       Alat media:
-    Buku Paket / LKS Bahasa Inggris
-    White Board, gambar-gambar, dan alat penunjang.
b.      Sumber Pelajaran:
-    Buku Paket / LKS Bahasa Inggris
-    Internet, data-data, dll
-    Paragraph / text dari buku, dll.
V.    Penilaian
PEDOMAN PENILAIAN WRITING (TEXT ESSAY)
ASPEK
SKOR
DISKRIPSI
Generic Structure
5
Struktur teks lengkap dan runtut
4
Struktur teks lengkap tapi tidak runtut
3
Struktur teks tidak lengkap
2
Struktur teks tidak benar
1
Tidak berstruktur
Developing Ideas
5
Gagasan utama dan kalimat pendukung relevan
4
Gagasan utama dan kalimat pendukung mendekati relevan
3
Gagasan utama dan kalimat pendukung kurang relevan
2
Gagasan utama dan kalimat pendukung tidak relevan
1
Tidak ada gagasan utama
Accuracy (grammar and vocabulary)
5
Penggunaan grammar dan vocab tepat
4
Penggunaan grammar dan vocab mendekati tepat
3
Penggunaan grammar dan vocab cukup tepat
2
Penggunaan grammar dan vocab kurang tepat
1
Penggunaan grammar dan vocab tidak tepat
Mechanics (punctuation writing style)
5
Penggunaan tanda baca tepat, tulisan sangat baik
4
Penggunaan tanda baca mendekati tepat tulisan baik
3
Penggunaan tanda baca  cukup tepat, tulisan cukup
2
Penggunaan tanda baca kurang tepat, tulisan kurang baik
1
Penggunaan tanda baca kurang tepat, tulisan jelek

PEDOMAN PENILAIAN READING

NO
URAIAN
SKOR



SOAL ESSAY LISAN
Setiap jawaban benar ,tata bahasa benar,pilihan kata tepat dan lafal benar.
5
Setiap jawaban benar ,tata bahasa kurang tepat,pilihan kata tepat dan lafal benar.
4
Setiap jawaban benar ,tata bahasa salah,pilihan kata kurang tepat dan lafal benar.
3
Setiap jawaban benar ,tata bahasa salah,pilihan kata  dan lafal kurang tepat..
2
Setiap jawabankurang tepat ,tata bahasa salah,pilihan kata dan lafal salah.
1
Tidak ada jawaban
0


VI. Kunci Jawaban
Act1. Find the Indonesian meaning of these words!
a.       Awoke      : terbangun                              f. wagon          : kereta
b.      Paw           :  cakar                                     g. plight           : keadaan
c.       Jaws          :  taring                                    h. gnawed       : mengganggu
d.      Tickled      :  senang sekali                        i. ropes             : tali
e.       Trap           :  perangkap                             j. bound           : mrngelilingi

   Act2. Please read text below and identify what kind of text is it? What kind of tenses is used?
-          It is narrative text, Past tense
Act3. Please make a group to read text above, and then identify Generic structure, topic, allure, and main character!
Generic Structure     :
Ø  Orientation               : once , Main character: the lion and the mouse
Ø  Complication            :
- The lion   : brave, frightened, scared, kind
- The mouse           : clever, obey, responsible, keep promise
- The hunters         : cruel, brave, etc
- Alur                     : go forward.
Ø  Resolution                :
Soon after the little mouse had finished gnawing away the ropes, he asked the lion to run away
Act4. What is moral massage of the text?
-          Be respect!
-          Be responsible!
-          We must help and forgive each other!
-          Little friends may prove great friends






BAHAN AJAR
   Act1. Find the Indonesian meaning of these words!
a.       Awoke                     d. Tickled                 g. plight              j. bound
b.      Paw                          e. Trap                      h. gnawed
c.       Jaws                         f. wagon                  i. ropes
   Act2. Please read text below and identify what kind of text is it? What kind of tenses is used?
The Lion and the Mouse
Once, when a Lion was asleep, a little mouse began running up and down upon him; this soon awoke the Lion, who placed his huge paw upon him, and opened his big jaws to swallow him.
“Pardon, O king,” cried the little Mouse, “ Forgive me this time, I shall never forget it; who knows but what I may be able to do you a turn some of these days?” The Lion was so tickled at the idea of the Mouse being able to help him that he lifted up his paw and let him go.
Some time after the Lion was caught in a trap, and the hunters, who desired to carry him alive to the king, tied him to a tree while they went in search of a wagon to carry him on. Just then the little Mouse happened to pass by, and see the sad plight in which the Lion was. He went up to the lion and soon gnawed away the ropes that bound the king of the Beasts. “Wasn’t I right? “Said the little Mouse.
Soon after the little mouse had finished gnawing away the ropes, he asked the lion to run away. Moral: Little friends may prove great friends. (AESOP)
Act3. Please make a group to read text above, and then identify Generic structure, topic, allure, and main character!
Act4. What is moral massage of the text?
Act5. Please make narrative text individually!


Blitar, 5 Januari 2015
Mengetahui
Kepala sekolah                                                       Guru mapel



                  (EDI BASUKI, S.Ag)                                           (LIA MIFTASARIS.Pd.I)
NIP. 196802212002121005


GENRE 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                        Name Sekolah            : MA Ma’arif Udanawu Blitar
                        Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
                        Satuan Pendidikan    : SMA / MA
                        Klas / Semester          : XI / II (Genap)
Tema                          : Narrative text (Listening / Speaking)
Alokasi Waktu           : 5 X 45 menit
Pertemuan ke            : 17, 18, & 19.
==============================================================
Ø  Standar Kompetensi:
8.   Mendengarkan
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative dalam konteks kehidupan sehari-hari
10.  Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative dalam konteks kehidupan sehari-hari
Ø  Kompetensi Dasar
8.2    Mendengarkan
Merespon makna dalam teks monolog (genre) yang menggunakan  ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative.
10.2  Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancer dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari. Dalam teks berbentuk narrative.
Ø  Indikator:
1.      Mengidentifikasi makna kata pada teks esei berbentuk narrative.
2.      Mengidentifikasi tokoh utama dalam cerita pada teks esei berbentuk narrative.
3.      Mengidentifikasi urutan kejadian (alur) pada teks esei berbentuk narrative.
4.      Mengidentifikasi struktur generik pada teks esei berbentuk narrative.
5.      Menentukan topic utama dari teks esei berbentuk narrative.
6.      Menentukan ide pokok dari setiap paragrap pada teks esei berbentuk narrative.
7.      Mengidentifikasi penggunaan Simple Past dan Past Continuous pada teks esei berbentuk narrative.
8.      Melakukan monolog lisan dari teks esei berbentuk narrative.

I.       Tujuan pembelajaran
2.      Siswa mengidentifikasi makna kata pada teks esei berbentuk narrative.
3.      Siswa mengidentifikasi tokoh utama dalam cerita pada teks esei berbentuk narrative.
4.      Siswa mengidentifikasi urutan kejadian (alur) pada teks esei berbentuk narrative.
5.      Mengidentifikasi struktur generik pada teks esei berbentuk narrative.
6.      Menentukan topic utama dari teks esei berbentuk narrative.
7.      Menentukan ide pokok dari setiap paragrap pada teks esei berbentuk narrative.
8.      Mengidentifikasi penggunaan Simple Past dan Past Continuous pada teks esei berbentuk narrative
9.      Siswa melakukan monolog lisan dari teks esei berbentuk narrative
II.    Materi Pokok
Narrative Text

Definition of Narrative

Narrative is a text focusing specific participants. Its social function is to tell stories or past events and entertain the readers.

Generic Structure of Narrative:
1. Orientation: Introducing the participants and informing the time and the place
2. Complication: Describing the rising crises which the participants have to do with
3. Resolution: Showing the way of participant to solve the crises, better or worse
Language Features of Narrative
Using processes verbs
Using temporal conjunction
Using Simple Past Tense
III. Metode & teknik kegiatan pembelajaran
a.         Metode: Tanya jawab & ceramah
b.      Teknik  kegiatan pembelajarn
Pertemuan ke-
Kegiatan
Alokasi Waktu
(menit)


17
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Memotivasi siswa (share knowledge) untuk mempelajari cara membaca teks narrative dan melafalkannya dengan benar.
-    Memberi pertanyaan yang diarahkan pada teks esei narrative.
·   Kegiatan Inti:
BKOF
-    Mengidentifikasi makna kata yang berhubungan dengan teks esei narrative.
-    Mengidentifikasi gaya bahasa pada teks esei narrative.
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh memmbuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
-    Guru memberi feedback
-    Penutup



2 X 45



18
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Review dan bertanya pada siswa apakah terdapat kesulitan dalam mempelajari  teks esei listening spoof  text
-    Memberi pertanyaan yang diarahkan pada teks esei listening spoof  text
·   Kegiatan Inti:
MOT
-    Melengkapi teks esei yang rumpang yang sesuai dengan teks esei listening spoof.
-    Menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang telah didengar secara lisan.
JCOT
-    Membuat kelompok sebangku, kemudian membahas teks esei spoof yang telah didengar
-    Mengidentifikasi urutan kejadian cerita (alur) dan struktur generik yang ada pada teks spoof yang telah didengarkan
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh memmbuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
-    Guru memberi feedback
-    Penutup




2 X 45


19
·   Kegiatan Awal:
-    Salam dan tegur sapa
-    Presesnsi Siswa
-    Review dan bertanya pada siswa apakah terdapat kesulitan dalam mempelajari  teks esei listening spoof  text
-    Memberi pertanyaan yang diarahkan pada teks esei listening spoof  text
·   Kegiatan Inti:
ICOT
-    Retell text narrative yang telah didengar secara individu dan mempresentasikannya di depan kelas secara individu
·   Kegiatan Akhir:
-    Siswa disuruh memmbuat kesimpulan tentang materi yang telah dibahas
-    Guru memberi feedback
-    Penutup



1 X 45
TOTAL
5 x 45

IV. Alat media & sumber pembelajaran
c.       Alat media:
-    Buku Paket / LKS Bahasa Inggris
-    White Board, gambar-gambar, dan alat penunjang.
-    VCD, CD, LCD, Kaset, Tape Recorder, dll
d.      Sumber Pelajaran:
-    Buku Paket / LKS Bahasa Inggris
-    Internet, data-data, dll
-    Paragraph / text dari buku, dll.
V.    Penilaian
PEDOMAN PENILAIAN LISTENING (DIALOG)
Nomor
Uraian
Skor

Soal Essay
Isi benar, tata bahasa benar
3
Isi benar, tata kurang tepat
2
Isi dan tata kurang tepat
1
Tidak menjawab
0
Soal
Multiple choice
Setiap jawaban yang benar
2
Setiap jawaban yang salah / tidak menjawab
0
PEDOMAN PENILAIAN SPEAKING (DIALOG)
ASPEK
SKOR
DISKRIPSI
Fluency
5
Sangat lancar
4
Lancar
3
Cukup lancar
2
Kurang lancar
1
Tidak lancer
Accuracy
5
penggunaan grammar, vocabulary dan pronunciation tepat
4
Penggunaan grammar, vocabulary & pronunciation mendekati tepat
3
Penggunaan grammar, vocabulary dan pronounciation cukup tepat
2
Penggunaan grammar, vocabulary dan pronounciation kurang tepat
1
Penggunaan grammar, vocabulary dan pronounciation tidak tepat
Performance
5
Penampilan (expresi, sikap dan gesture) sangat baik
4
Penampilan (expresi, sikap dan gesture) baik
3
Penampilan (expresi, sikap dan gesture) cukup baik
2
Penampilan (expresi, sikap dan gesture) kurang baik
1
Penampilan (expresi, sikap dan gesture) tidak baik
Communicative Interaction
5
Mengambil giliran berkomunikasi dengan minta penjelasan
4
Bisa berkomunikasi meskipun kadang  minta penjelasan
3
Sering meminta penjelasan
2
Hanya merespon tidak berinisiatif
1
Tidak bisa merespon

VI. Kunci Jawaban
Act1. Listen carefully to the record of narrative text, and then fill in the blank based on what you have heard!
1.      Suffered                                     11. stone flower
2.      Strange illness                            12. bird’s saliva
3.      Shamans                                     13. stuck
4.      healed                                         14. soup
5.      echoing                                       15. Karangbolong hill
6.      stone flower
7.      nobleman
8.      steep hill slope
9.      treating
10.  guardian

BAHAN AJAR
Act1. Listen carefully to the record of narrative text, and then fill in the blank based on what you have heard!
Today, I’d like to tell you a legend from South Sea, Central Java. The title is The Stone Flower or Bunga Batu. Well, listen carefully. A long long time ago the people of Wanakerta Kingdom were very worried because the Queen Dewi Kalasekti had ______ (1) from a ____ (2) for a long time. Doctors and ____ (3) were ordered to cure the Queen, but the queen was not ____ (4).
Meanwhile, the high priest of the kingdom was praying to God, when he heard a voice ______ (5), “The queen can be cured by the _____ (6). This flower has no leaves or stem. It is white. It grows on a stone hill in the same direction of the sunset.” Well, the queen ordered Tumenggung Arungbinang to search for the flower. Tumenggung Arungbinang was a brave, honest and loyal _____ (7). It so happened then, Tumenggung Arungbinang followed the direction of the sunset. Finally he arrived at a ______ (8) near the South Sea. What happened then? He climbed up the hill. But Alas! As he was climbing up the hill, he slipped and he slid down, he rolled over and fell down unconsciously. Well, slowly, he woke up and you know what? He saw a beautiful princess _____ (9)his wound gently.
Then she fed him with some hot soup.“Who are you really, princess?” asked Tumenggung Arungbinang. “I am Dewi Tisnawati, the _____ (10) fairy who guards the stone flower garden.” said Dewi Tisnawati gently. “It’s God’s will that the first man who comes here will be my husband to-be. I’ve been waiting for you for a long time. ““But … but….. I have to get the stone flower for my queens, princess. She is terribly ill. “Said Arungbinang. “Don’t worry. You’ll recover soon and I’ll show you the way to get the flower.” So to cut a long story, Tumenggung Arungbinang managed to get the stone flower with the help of Dewi Tisnawati.
Do you know what the _____ (11) was? The stone flower was actually the swallow’s nest. It was made of the _____ (12) when it was sleeping. The nest was _____ (13) on the cave wall of Karangbolong hill. “Would you come back to me and then marry me after you have finished your task? “pleaded Dewi Tisnawati.“ Yes, you have my word, Dewi.” replied Tumenggung Arungbinang. Arungbinang took the flower to the queen and the stone flower was made into ____ (14) and given to the queen. Day by day, the queen was getting healthier and healthier. The queen was touched by Arungbinang’s story and gave her blessing for Arungbinang to marry Dewi Tisnawati. So in the end, Tumenggung Arungbinang and Dewi Tisnawati married and lived at ________ (15).

Act2. After fill in the blank, please discuss with your friend about the text above, and then retell what in front of the class!
Act3. Please identify the text. What kind of moral massage it happen?

Blitar, 5 Januari 2015
Mengetahui
Kepala sekolah                                                       Guru mapel



  (EDI BASUKI, S.Ag)                                         (LIA MIFTASARIS.Pd.I
NIP. 196802212002121005





1 komentar: